RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP 2 WONOPRINGGO
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti
Kelas/Semester : VIII / 2
Materi Pokok :
Iman pada Nabi dan Rosul
Alokasi Waktu : 3 x 3 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat,) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
3.5. Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt
|
3.5.1. Mendefiniskan pengertian iman kepada Nabi dan Rasul
3.5.2. Menyebutkan perbedaan Nabi dan
Rasul
3.5.3. Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul
3.5.4. Menjelaskan sifat-sifat Nabi dan Rasul
3.5.5. Menyebutkan Rasul Ulul Azmi
|
2
|
4.5. Menyajikan dalil naqli
tentang beriman kepada Rasul Allah Swt
|
4.5.1.Membaca dalil tentang beriman kepada Nabi dan Rasul
4.5.2. Menjelaskan kandungan dalil beriman kepada Nabi dan Rasul
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan kesatu
Melalui Contekstual Teaching and
Learningpeserta didikdiharapkan dapat :
1.
Mendefiniskan pengertian iman kepada Nabi dan Rasul dengan benar
2.
Menyebutkan perbedaan Nabi dan Rasul dengan benar
Pertemuan kedua
Melalui Contekstual Teaching and
Learning peserta didikdiharapkan dapat :
1.
Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul dengan benar
2.
Menjelaskan sifat-sifat Nabi dan Rasul dengan benar
3.
Menyebutkan Rasul Ulul Azmi dengan benar
Pertemuan ketiga
Melalui Contekstual Teaching and
Learning peserta didikdiharapkan dapat :
1.
Menyebutkan
hikmah iman kepada Nabi dan rasuldengan benar
2.
Membaca dalil tentang beriman kepada Nabi dan Rasul dengan benar
3.
Menjelaskan
kandungan dalil beriman kepada Nabi dan Rasuldengan benar
No comments:
Post a Comment